Thursday, February 12, 2009

Lingkungan St. Anna

Lingkungan Santa Anna Balaraja

Terbentuk tahun 1996 yang dirintis team LDD yang tinggal di Balaraja : Bp A. Hs Shukur, Sr Jeanne D’Arc Hk dan Sr Vincentia HK. Karena umat yang terdata saat itu masih terbatas maka hanya menamakan satu lingkungan saja yaitu Santa Maria Balaraja dengan pelayanan daerah Balaraja dan sekitarnya. Walaupun satu lingkungan yang amat luas, pada tahun 1997 rencana pengembangan sudah dalam konsep hanya menunggu waktu dan kelengkapan data. Umat yang terdata dikelompokan sesuai tempat tinggal diberi nama sektor dan ada ketua, masing sektor diberi kewenangan untuk program kegiatan. Ada 3 sektor saat itu :sektor 1 Perumahan Taman Balaraja , sektor 2 Villa Balaraja dan sektor 3 Permata Balaraja, sementara yang berdomisili di sepanjang Jalan Raya Balaraja Serang sampai perbatasan Cikande masih di tangani oleh Pak Shukur dan Suster- Suster Konglegrasi HK. Sekarang Balaraja sudah menjadi wilayah yang terdiri dari 5 lingkungan yang tersentral di Perumahan dan sekitarnya ( Telaga Bastari, Permata Balaraja, Villa Balaraja, Taman Balaraja dan Bukit Gading )

Evaluasi perjalanan yang cukup panjang dari sector 2 menjadi Lingkungan Santa Anna bisa menjadi cerita yang menarik untuk generasi akan datang. Saat masih sector umat yang hanya terdata 9 keluarga muda +/- 30 jiwa telah berkomitmen untuk tetap mengadakan ibadat sabda setiap hari Sabtu malam Pkl 19.30 , kecuali bersamaan dengan hari libur lebaran. Tradisi ini masih berjalan sampai sekarang, satu kebanggaan tersendiri. Dari data terakhir jumlah umat di Balaraja sudah mencapai 203 jiwa dari 57 KK, dikelompokan : usia dibawah 5 tahun 24 jiwa + usia 6 s/d 12 tahun 32 jiwa + usia 13 s/d 21 tahun 11 jiwa dan diatas 21 tahun 136 jiwa. Dengan jumlah yang cukup banyak dimungkinkan kedepannya akan dimekarkan menjadi 2 lingkungan.

Kurun waktu 1997 s/d 2009 Lingkungan Santa Anna telah mengalami beberapa generasi kepemimpinan ( Bp Yohanes Saman – Bp Al Slamet Mamik - Bp Yohanes Openg – Bp Robertus ) generasi berikutnya masih banyak yang menunggu dan kaderisasi sepertinya sudah berjalan dengan baik. Teritorial lingkungan meliputi : Sebelah timur perbatasan desa Saga, sebelah barat perbatasan desa Parahu dan sebelah selatan sepanjang jalan baru kawasan industri Balaraja. Banyak kegiatan yang membuat umat bisa berkumpul dengan agenda rutin seperti : ibadat lingkungan setiap Minggu, bina iman anak setiap Minggu, arisan WK setiap bulan dan misa lingkungan. Selain kegiatan rutin masih ada lagi media yang bisa mengumpulkan sebagian pengurus dan umat diantarnaya : latihan koor, mengunjungi dan mendoakan anggota keluarga yang sakit dan terkena musibah atau berduka sepertinya merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan. Untuk ujud tertentu umat juga sudah mulai terbiasa mengundang anggota lain untuk dijadikan agenda ibadat lingkungan. Umat juga sudah banyak bersosialisasi membuka diri diluar saudara seiman, banyak diantara umat menjadi pengurus RT dan RW lingkungan setempat.
Adanya budaya berkumpul antar umat sudah merupakan suatu kebutuhan yang mempunyai nilai tersendiri dimata umat terutama saling menguatkan dalam iman, pengurus menyiasati kondisi jangan sampai Vakum , banyak cara dan metode dalam kondisi tertentu membuat pembentukan panitia kecil lingkup lingkungan sekaligus pelatihan kaderisasi untuk kegiatan Natal , Paskah , Ziarah ataupun kegiatan rekreasi keluarga & support kegiatan bina iman anak.
Dimuliakan namaMu Tuhan Yesus atas penyertaan dalam karya umat di Lingkungan ini, sungguh kami banyak dirubah dan dimatangkan oleh semangat kepedulian antar sesama.

2 komentar:

Paul said...

Hi, salam kenal saya paul. Saya tinggal di kontrakan daerah cikande. Dapatkah saya minta informasi kontak person untuk lingkungan St.Ana. Saya ingin bergabung dengan lingkungan ini, sebab rasanya paling dekat dari cikande.
Terima kasih

PtRus said...

Salam kenal kembali,
mungkin Pak Paul Bisa gabung dengan ling. Maria Magdalena
ketua Ling. Bp. Agustinus Manulang
silahkan klik di St. Magdalena lihat di profil.
GBU

Banner Refferel


Wilayah Balaraja( Paroki Santa Odilia Citra Raya Cikupa Tangerang )

Your Ad Here